Search

Cerita Menteri Basuki yang Rumahnya Kena Gusur Gara-gara Proyeknya Sendiri... - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah pribadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono terkena rencana penggusuran.

Rumah Basuki yang terletak di Bekasi, Jawa Barat itu, menjadi bagian dari lokasi proyek jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Saat wartawan meminta konfirmasinya mengenai hal ini, awalnya Basuki menolak menjawab.

"Enggak penting ah, yang kayak gitu ditanya-tanyain terus," ujar Basuki saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca juga: Ini Rumah Menteri Basuki yang Akan Digusur untuk Tol Becakayu

Namun, akhirnya ia memberikan pernyataan. 

Basuki menyebutkan, berdasarkan peta proyek Tol Becakayu yang terletak di tepi saluran air Kalimalang, jarak antara rumah dengan saluran itu 15 meter. Ternyata, proyek jalan tol itu sendiri membutuhkan lahan seluas 24,7 meter.

"Jadi, kena," ujar Basuki.

Rumah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang berada di Kompleks Pengairan-PU Rawasemut, Bekasi Timur, Kota Bekasi yang akan kena gusur karena proyek tol Becakayu di Kota Bekasi, Rabu (15/5/2019).KOMPAS.com/DEAN PAHREVI Rumah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang berada di Kompleks Pengairan-PU Rawasemut, Bekasi Timur, Kota Bekasi yang akan kena gusur karena proyek tol Becakayu di Kota Bekasi, Rabu (15/5/2019).

Basuki sendiri baru mengetahui hal tersebut ketika ia merasa perkembangan kelanjutan proyek tol ini dianggapnya lambat.

"Saya tanya kok lama banget kenapa? Ternyata gara-gara enggak berani kan," ujar Basuki.

Kontraktor pun akhirnya menginformasikan bahwa proyek tol itu harus "memakan" lahan kediaman sang menteri.

"Saya dikasih tahu, ini Pak jalurnya. Lah ini rumahnya (saya). Terusin, jangan dibelokin ya. Karena ini kan yang paling optimal," ujar Basuki.

Baca juga: Rumah Menteri Basuki di Bekasi Kena Gusur Tol Becakayu

Berdasarkan informasi dari kontraktor, penggusuran akan dilakukan pada tahun ini.

Akan tetapi, ia tidak mengetahui kapan tepatnya penggusuran mulai dilakukan. Dengan demikian, ia juga belum mendapatkan uang ganti rugi.

Basuki sendiri sudah mempersiapkan rumah pengganti yang juga terletak di kawasan Bekasi jika rumah yang telah ia tempati sejak 1990-an itu benar-benar digusur.

Let's block ads! (Why?)


https://nasional.kompas.com/read/2019/05/16/15532451/cerita-menteri-basuki-yang-rumahnya-kena-gusur-gara-gara-proyeknya-sendiri

2019-05-16 08:57:11Z
52781609998681

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Menteri Basuki yang Rumahnya Kena Gusur Gara-gara Proyeknya Sendiri... - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.