Search

SBY Diprediksi Dorong AHY Incar Kursi Wakil Presiden 2019

Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono diprediksi akan mendorong anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), untuk ikut ambil bagian dalam Pemilu serentak 2019.

AHY diprediksi akan mencalokan diri sebagai wakil presiden pada pemilu 2019.

Prediksi itu muncul AHY kembali melibatkan diri di panggung politik dengan mendirikan The Yudhoyono Institute, Kamis (10/8).

"Kalau ada pemain baru, menarik dibaca peluang Agus Yudhoyono. Besar dugaan saya beliau (SBY) akan dorong AHY minimal sebagai cawapres 2019," kata pengamat politik dari Lingkar Madani untuk Indonesia, Ray Rangkuti di Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

Menurut Ray, keikutsertaan AHY di Pemilu 2019 bukan untuk meraih kemenangan. Namun, hanya akan memanfaatkan momentum untuk tampil di hadapan publik.

Target utama AHY justru dianggap ada pada Pemilu 2024. Dengan usia 39 tahun, ia disebut berpeluang menjadi Capres dan mengumpulkan banyak dukungan pada tahun 2024.

Selain membahas peluang AHY dalam pemilu 2019, Rangkuti juga mengomentari peluang Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam ajang demokrasi lima tahunan itu.

Menurutnya, jika Prabowo kembali menjadi capres di pemilu mendatang, kecil kemungkinan dirinya akan memenangkan pertarungan dengan calon lain.

Apalagi jika Jokowi memutuskan untuk kembali menjadi capres untuk periode 2019-2024.

"elektabilitas) Prabowo akan sulit naik dari angka sekitar 30 persen. Isu pertama soal masa lalunya, kedua adalah soal statusnya sebagai petahana calon itu mungkin tidak menarik bagi pemilih baru atau pemilih muda," tuturnya.

Walau diprediksi tak akan meraih kemenangan, Prabowo dipandang akan ngotot mencalonkan diri sebagai Presiden.

Namun, hal tersebut dapat berubah jika ia tiba-tiba mengorbankan egonya untuk kepentingan koalisi partai politik yang lebih besar.

"Beliau bisa menaruh egonya untuk kepentingan koalisi seperti saat Pilkada DKI. Ada kesan Prabowo lebih mementingkan kekompakan dibanding kepentingan politiknya," katanya.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "SBY Diprediksi Dorong AHY Incar Kursi Wakil Presiden 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.