Search

Usai Kawal Anies-Sandi, Sudirman Said Siap Maju Pilgub Jateng

Semarang, CNN Indonesia -- Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menyatakan siap untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2018.

Sudirman sebelumnya menjabat sebagai Ketua Tim Sinkronisasi Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada DKI Jakarta tahun ini.

Ia mengatakan, bersama tim relawan dirinya telah menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik, baik di tingkat pusat hingga daerah.

Menurut Sudirman, parpol yang telah memberi respons positif adalah Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Saya kan menjadi Ketua Tim Sinkronisasi pasangan Anies-Sandi, jadi sambil bertugas saya kemarin-kemarin mencoba berkomunikasi terkait Pilgub Jateng dengan beberapa parpol di level DPP," kata Sudirman Said, Sabtu (7/10).

Sudirman berharap respons baik dari parpol-parpol itu akan ditindaklanjuti dengan keluarnya rekomendasi terkait dirinya sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah.

"Kita tetap menghargai mekanisme di parpol masing-masing. Pastinya DPP akan mendapat masukan dari DPD dan cabang sehingga penetapan dapat dilakukan segera," ujarnya.

Untuk mematangkan langkah politiknya, Sudirman Said juga akan menggelar diklat kepemimpinan kepada tim relawannya pada bulan November mendatang di daerah Cilacap.

Diklat kepemimpinan ini untuk menyamakan visi dan misi yang akan diusung. Sedangkan lokasi Cilacap dipilih karena menjadi salah satu daerah pergerakan perjuangan pahlawan Jenderal Soedirman.

Selain Sudirman, tokoh lain yang kemungkinan besar maju di Pilgub Jawa Tengah 2018 adalah petahana Ganjar Pranowo.

Ganjar menyatakan telah mendaftarkan diri ke DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) sebagai bakal calon gubernur, namun dia belum menentukan siapa yang akan mendampinginya. Wakil Gubernur Jawa Tengah saat ini Heru Sudjatmoko.

Menurut Ganjar, sudah ada 24 orang yang mendaftarkan diri dalam seleksi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jateng di PDI Perjuangan. Ia menyerahkan sepenuhnya proses seleksi kepada PDI Perjuangan. 

"Ikut saja mekanisme, habis itu seleksi di level partai. Biasanya nanti akan ada interview, ada psikotest, ada hasil survei, sama DPP dibuat pertimbangan-pertimbangannya," ujar Ganjar. (wis)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Usai Kawal Anies-Sandi, Sudirman Said Siap Maju Pilgub Jateng"

Post a Comment

Powered by Blogger.