Search

Waketum Demokrat: SBY dan Prabowo Bahas Masalah Negara

Cikeas, Bogor, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan menampik pertemuan antara Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto membahas kemungkinan koalisi untuk Pemilu tahun 2019.

Menurut Syarief, pertemuan kedua tokoh itu hanya untuk membahas segala permasalahan bangsa saat ini.

"Tergantung Anda menerjemahkan. Sebab bangsa dan negara itu luas sekali," ujar Syarief di kediaman SBY di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Kamis (27/7) malam.

Lebih lanjut, Syarief mengaku, pertemuan malam ini tidak spesifik akan membahas hasil UU Pemilu yang baru disahkan.

"Intinya kan kalo pemimpin ketemu bagus. Bisa membicarakan masalah menyangkut bangsa," ujarnya.

Syarief berada di kediaman pribadi mantan presiden ke enam Republik Indonesia tersebut guna mendampingi saat Prabowo bertamu. Tak hanya Syarief, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan pun terlihat juga di sana.

Syarief mengatakan pertemuan malam ini hanya akan diikuti para pengurus inti kedua partai. Ia juga mengaku, putra sulung SBY yang sempat bersaing dalam Pilkada DKI 2017 lalu, Agus Harimurti Yudhoyono, berpeluang ikut pula dalam pertemuan itu.

Secara terpisah, Hinca mengatakan pertemuan Demokrat dan Gerindra malam ini adalah bagian dari komunikasi politik. Berbeda dengan Syarief, Hinca tak menampik bahwa UU Penyelenggaran Pemilu yang baru menjadi salah satu motif pertemuan tersebut.

Fraksi Demokrat dan Gerindra adalah dua dari empat fraksi yang walk out dari sidang paripurna DPR untuk mengesahkan RUU penyelenggaraan pemilu jadi undang-undang pada 20-21 Juli lalu.

"Komunikasi antar sesama partai keniscayaan. Hasil paripurna kemarin tentu membuat komunikasi politik menjadi lebih intens," ujar Hinca.

Hinca mengaku, SBY juga tidak menutup kemungkinan akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan parpol, khususnya PAN dan PKS yang juga menginginkan tidak ada ambang batas pencapresan dalam pemilu 2019.

PAN dan PKS adalah dua partai selain Demokrat dan Gerindra yang memilih walk out dalam sidang paripurna pengesahan UU Pemilu.

"UU Pemilu kemarin menjadi concern semua. Demokrat ingin meluruskan," ujar Hinca.

Bagaimana tentang koalisi jelang Pilpres 2019, Hinca mengatakan belum ada pembahasan khusus. Itu, sambungnya, masih dalam pertimbangan.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, selain Syarief dan Hinca, sejumlah petinggi Demokrat sudah hadir di kediaman SBY, di antaranya Amir Syamsuddin, Roy Suryo, Nurhayati Ali Assegaf, Agus Hermanto, dan Djoko Udjianto. Sampai berita ini naik belum terlihat satu pun petinggi Gerindra yang datang ke kediaman SBY. (kid/asa)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waketum Demokrat: SBY dan Prabowo Bahas Masalah Negara"

Post a Comment

Powered by Blogger.