Search

PKS dan PAN Minta Surya Paloh Copot Viktor Laiskodat

Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional meminta Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh mencopot Viktor Laiskodat dari jabatannya sebagai Ketua Fraksi NasDem. PKS bahkan melangkah lebih jauh dengan meminta NasDem memecat Viktor dari kepengurusan partai.

Permintaan itu merupakan reaksi atas pernyataan Viktor yang diklaim menuduh partai lain, khususnya PKS, PAN, Demokrat dan Gerindra sebagai partai intoleran karena tidak mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, Viktor sudah tidak layak menjadi politisi karena mengeluarkan pernyataan menjijikkan, provokatif, dan menimbulkan kebencian.

"Lebih dari pantas jika pimpinan partainya (Surya Paloh) segera mencopot dan memberhentikan yang bersangkutan (Viktor) dari segala jabatan publik yang disandangnya," ujar Sohibul saat dihubungi, Jumat (4/8).

Sohibul menuturkan, pernyataan Viktor sangat bermuatan tindak pidana berat. Pernyataan itu harus diproses hukum agar tidak memengaruhi masyarakat ke depan.

Sebagai elite partai, Viktor menurut Sohibul, seharusnya bisa mawas diri dalam menyampaikan pandangan agar tidak memecah belah kesatuan bangsa.

"Saya sulit membayangkan kondisi psikologis elite seperti ini. Ini melampaui kewajaran manusia Indonesia. Semoga ini kasus terakhir," ujar Sohibul.

Terpisah, Wakil Ketua Sekretaris Jendral DPP PAN, Surya I Wahyudi menyebut sikap dan perilaku Viktor Laiskodat tidak mencerminkan sosok seorang wakil rakyat.

"Kami sarankan ke Pak Surya Paloh agar segera ganti yang bersangkutan gantilah dengan yang lebih cerdas," kata Wahyudi di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat.

Viktor dianggap telah melakukan pencemaran nama baik serta menyampaikan ujaran kebencian dengan mengaitkan partai politik PAN, Gerindra, Demokrat, dan PKS sebagai pendukung negara khilafah. 

Pernyataan yang diduga dikeluarkan oleh Viktor itu terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial

Saat ini, DPP PAN bersama dengan Partai Gerindra telah melakukan pelaporan ke Bareskrim Polri.

Mereka melaporkan Viktor Laiskodat dengan materi Undang-Undang dan Pasal UU ITE No 11/2008 dan Pasal 156 KUHP tentang penistaan agama, serta Undang-Undang Diskriminasi no 40 tahun 2008 pasal 4 dan pasal 16 karena dianggap melakukan diskriminasi terhadap etnis atau golongan tertentu.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "PKS dan PAN Minta Surya Paloh Copot Viktor Laiskodat"

Post a Comment

Powered by Blogger.